Laboratorium Bahan Konstruksi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan

Jokowi Resmikan Bendungan Tapin Kalimantan Selatan Rp986 M

Berita dan Informasi | 02 Maret 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Kamis (18/2/2021) bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka kunjungan kerja.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Jokowi yang langsung melanjutkan perjalanan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU, untuk meresmikan Bendungan Tapin.

Saat memberikan pengarahan dalam peresmian, Jokowi mengatakan bendungan ini dibangun sejak 2015 lalu. Pembangunan bendungan ini bahkan menghabiskan biaya yang nyaris menyentuh Rp 1 triliun.

"Bendungan ini dibangun 5 tahun lalu, dan telah selesai dan menghabiskan anggaran Rp 986 miliar, hampir Rp 1 triliun," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bendungan ini memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air, yang perannya dianggap krusial dalam pengendalian banjir, ketahanan pangan, serta penyediaan air baku.

"Dan menghasilkan tenaga listrik 3,3 megawatt. Gede sekali," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi menegaskan, fungsi bendungan ini nantinya bukan hanya mengaliri sawah, menghasilkan aliran listrik, atau air baku melainkan juga dalam rangka pengendalian banjir.

"[Bendungan] ini bisa perkuat ketahanan pangan karena bisa sediakan pangan 57.200 hektare dan juga menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik," tegasnya.

Sumber Berita : CNBC Indonesia

Link Berita : https://www.cnbcindonesia.com/news/20210218111444-4-224252/jokowi-resmikan-bendungan-tapin-kalimantan-selatan-rp986-m


Kembali Ke Halaman Sebelumnya