Laboratorium Bahan Konstruksi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan

MUTU BETON DAN KEGUNAANNYA

Berita dan Informasi | 20 Februari 2023

MUTU BETON DAN KEGUNAANNYA

Mutu Beton adalah pertanda dari kualitas beton yang ditentukan dengan nilai kuat tekan beton atau kekuatan karakteristik beton yang biasanya ditunjukan dengan satuan angka dan huruf seperti K dan FC.

Mutu Beton adalah kualitas. Pengujian dilakukan pada umur beton mencapai 7, 14, 21, dan sampai dengan maksimal tercapai yaitu dalam 28 hari.

Mutu beton merupakan salah satu bagian penting untuk menentukan pengaplikasiannya pada struktur bangunan. Kualitas beton sendiri dapat berbeda-beda sesuai penggunaan dan pemilihan komposisi bahan material yang dipakai.

Umumnya, beton dengan kualitas tinggi diperuntukkan pada bangunan gedung bertingkat, dermaga, silo, cerobong, terowongan, apron, bendungan dan struktur jembatan maupun bangunan dengan kuat tekan mencapai 40 MPa. Sementara beton dengan kualitas kelas bawah sering digunakan untuk dinding maupun lantai.

Mutu beton dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan dimulai dari K100-K500. Angka di belakang huruf K menunjukkan beban dalam satuan kilogram. Apabila kualitas beton K100 maka kekuatan beton mencapai 100 kg/cm2. Berdasarkan peraturan SNI, kualitas beton dapat dibagi menjadi 3 yaitu :

 

Beton Kelas I

            Umumnya, beton kelas I dapat dimanfaatkan pada proses pembangunan non struktural. Pelaksanaan untuk pembangunan kelas I ini tidak membutuhkan kemampuan khusus. Maka dari itu, pengawasan mutu hanya perlu pembatasan pada pengawasan secara ringan pada kualitas bahan material saja. Selain itu, pada kuat tekan tidak perlu dpersyaratkan pemeriksaan dan pengawasannya ringan.

Kelas beton ini terdiri atas K100, K125,K150, K200 dan K175. Pemakaian jenis kelas ini diperuntukkan pada konstruksi jalanan, lantai dasar dan pondasi kolom.

Beton Kelas II

Penggunaan jenis mutu ini dapat dipakai untuk pekerjaan bersifat struktural ringan. Pada penggunaannya memerlukan keahlian yang sesuai dan harus dipakai oleh tenaga ahli. Kualitas beton ini terdiri atas K250, K225 dan K275.

Penggunaan bahan material ini dapat berupa penyusunan rangka pada struktur baja, bekisting, rumah bertingkat, pasangan bata dan lain sebagainya.

Beton Kelas III

Jenis mutu beton yang dianggap paling tinggi diantara jenis mutu beton lainnya adalah kelas III. Proses pembuatan mutu beton ini membutuhkan komposisi dengan nilai perbandingan khusus dan detail. Pengerjaan beton ini wajib dilakukan oleh tenaga ahli profesional dan melalui pemeriksaan ketat.

Pengawasan pada kualitas beton ini juga dilakukan secara kontinu. Mutu beton ini dapat meliputi, K350, K325, K375, K500 dan lainnya. Umumnya, penggunaan jenis beton ini diperuntukkan pada area saluran air, landasan pesawat, area truk tronton dan lain sebagainya.

Klasifikasi Penggunaan Beton Berdasarkan Kualitas

Pemakaian beton ready mix dapat membantu mempercepat pelaksanaan pembangunan infrastruktur di lapangan. Tentunya, mutu beton yang dipakai wajib diperhatikan secara seksama agar konstruksi bangunan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa mutu beton berdasarkan karakteristiknya diantaranya meliputi :

Beton Nonstruktural

Penggunaan beton non struktural merupakan proses pengerjaan pengecoran beton yang tidak berhubungan langsung dengan besi dan pertulangan lainnya. umumnya, beton jenis ini ditujukan untuk lantai dasar maupun pondasi kolom. Kualitas beton non struktural juga dikenal sebagai beton kelas satu dengan golongan mutu beton mulai dari K-B0 hingga K200.

Beton Struktural

Umumnya, beton struktural berhubungan langsung dengan unsur-unsur penulangan besi di dalam proses pencetakan maupun pengadukannya. Biasanya, pekerjaan ini dapat meliputi proses pembesian maupun pengecoran beton.

Sedangkan, pekerjaan lain yang berhubungan proses pembesian beton dapat meliputi : penyusunan struktur baja, finishing beton, pondasi beton, bekisting dan pasangan bata. Terdapat beberapa mutu beton yang dipakai di dalam proses pengerjaan beton kelas II ini, diantaranya meliputi K225,K250,K275 dan K300.

Beton Prategang

Penggunaan jenis beton ini merupakan hasil paduan antara struktur baja dengan beton. Pemakaian beton pada bahan materi ini memiliki kekuatan atau daya tekan tinggi dengan kuat tarikan rendah.

Tidak hanya itu, baja mempunyai kekuatan tarikan sangat tinggi. Tentunya, perpaduan antara kekuatan baja dengan beton akan memberikan hasil struktur kuat terhadap beban tekanan maupun tarikan. Terdapat beberapa mutu yang dipakai pada kelas III ini diantaranya meliputi, K325, K350, K375, K450 dan K500.

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya